Misteri Sumur Emas di Gondangrejo Karanganyar

Misteri Sumur Emas di Gondangrejo Karanganyar – Sumur Emas atau dulunya dikenal penduduk sebagai Sumur Grenjeng kala ini mulai dikelola warga setempat. Mereka mendapat memadai banyak uang tiap-tiap bulan dari hasil pemakaian sumber mata air itu.

Tetapi di balik itu semua, keberadaan Sumur Emas di Dusun Grenjeng, Dayu, Gondangrejo selanjutnya masih menaruh misteri.

Bagi penduduk sekitar, air di sumur selanjutnya dianggap dari dunia lain. Pasalnya, di tengah wilayah yang kandungan kapurnya tinggi, air yang muncul dari Sumur Emas justru amat unik.

Air selanjutnya hampir tidak mempunyai kandungan kapur dan kala diperiksa di laboratorium sampelnya mempunyai kandungan mineral yang setara bersama dengan air kemasan di pasaran kala ini.

Kades Dayu, Agus Susilo, menyatakan berdasarkan kesaksian penduduk sekitar, Sumur Emas muncul secara tiba-tiba. Tanah yang kini menjadi sumur itu mengeluarkan air sendiri sejak masa kakek buyut mereka.

Berbagai macam spekulasi tentang asal muasal sumber air selanjutnya terus menjadi buah bibir. Salah satunya, sumur selanjutnya merupakan peninggalan masa purba.

“Kami sendiri dan penduduk kurang lebih masih belum mengerti bagaimana mata air ini mampu tiba-tiba muncul kala itu. Tidak tersedia cerita yang tentu awal mulanya. Tapi kebanyakan percaya jika sumber air ini sebetulnya alami sejak masa peradaban purba. Taruhan BolaTapi baru dimanfaatkan oleh penduduk sejak zaman kakek nenek kami. Karena rasanya enak dan kala dimasak tidak meninggalkan kerak kapur,”

Misteri

Agus pun menyatakan penduduk melepas sejarah sumur selanjutnya selamanya menjadi misteri. Menurutnya, hal itu justru menjadi daya tarik dari Sumur Emas. Apalagi air dari sumur ini punya kandungan mineral yang berlainan bersama dengan sumur bor di sekitarnya.

“Itu kan di dekat sawah, selayaknya airnya sama, namun beda. Air yang meresap dari sawah itu terhitung tidak mengkontaminasi sumber air yang yang muncul dari sumur ini. Makanya ini menjadi misteri,” beber dia.

Sumur ini diberi nama Sumur Emas berdasarkan kekaguman masyarakat. Mereka menilai air dari sumur itu amat jernih sehingga terlihat seperti emas yang berkilauan.

“Namanya sumur emas dikarenakan sebetulnya berkilau-kilau. Seperti emas. Itu bentuk ungkapan yang dilontarkan masyarakat. Akhirnya dijadikan nama sumber mata air tersebut,” ujar dia.