Misteri Nama Wewe Gombel dan Bukit Gombel

Misteri Nama Wewe Gombel dan Bukit Gombel  – Bukit Gombel berada di Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tempat itu diyakini masyarakat sebagai wilayah angker gara-gara sering berlangsung kecelakaan di sana. Menurut mereka, penamaan Bukit Gombel berkaitan bersama mitos wewe gombel gara-gara tidak tersedia kejelasan mengenainya.

Wewe gombel atau wewe kalong adalah hantu perempuan yang tempati wilayah Gombel. Konon, dia mampu menyerupai wujud apa pun. Namun, dia lebih sering terlihat sebagai perempuan tua bersama dada panjang

Katanya, tersedia seorang perempuan yang tinggal di Gombel pada jaman lalu. Ketika hidup, dia tidak mampu punya keturunan. Suaminya pun berselingkuh bersama perempuan lain. Selain itu, dia juga diolok-olok dan diasingkan oleh warga sekitar. Karena tidak tahan atas seluruh penderitaan tadi, maka ia memutuskan untuk bunuh diri.

Berdasarkan mitos, wewe gombel menculik anak-anak yang ditelantarkan oleh orang tua mereka. Kemudian, wewe gombel akan menakuti para orang tua sampai jelas pada kelakuan tidak baik mereka. Setelah itu, baru dia akan mengembalikan anak tadi.

Tidak Lukai Anak

“Sosok ini tidak melukai anak-anak yang diculik,” tulis pengelola channel Trans7 Official dari unggahan video di Youtube pada 30 April 2020.

Masyarakat sering menyalahkan wewe gombel berkaitan kecelakaan yang berlangsung di lebih kurang Bukit Gombel. Menurut mereka, Bandar Taruhan sosok wanita berbaju putih sering menyeberangi jalan secara tiba-tiba. Maka, para pengendara terkejut sehingga berlangsung kecelakaan.

Tim On The Spot dari Trans7 Official mewawancarai Jumino yang tinggal di bekas Hotel Sky Garden, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang. Hotel tersebut pernah laris pada masanya. Konon, hotel itu gulung tikar gara-gara pengunjungnya sering mengalami gangguan dari makhluk halus.

“Gombel asal usulnya dari kata gerakan operasi militer Belanda,” kata Jumino berkaitan penamaan Bukit Gombel. Menurutnya, pembuatan nama itu sama sekali tidak tersedia hubungannya bersama cerita hantu.