Kisah Misteri Makhluk Halus Penunggu Sendang Sanga

Kisah Misteri Makhluk Halus Penunggu Sendang Sanga – Sumber mata air Sendang Sanga di Desa Ronggojati, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri mempunyai keunikan lantaran senantiasa mengalir meski tengah musim kemarau.

Padahal beberapa lokasi di Wonogiri bagian selatan selagi ini menjadi ada masalah meraih air bersih. Air dari sendang berikut dapat dimanfaatkan warga di beberapa dusun di Desa Ronggojati, baik musim penghujan maupun musim kemarau seperti selagi ini.

Pengelola Sendang Sanga, Suparjo, 70, mengatakan nama sumber mata air itu dipilih lantaran terdiri dari sembilan sumber. Namun keberadaannya menyebar di tiga Dusun di Desa Ronggojati. Masing-masing tiga sumber mata air di Dusun Klampok, Dusun Penggung, dan Dusun Badran.

Di balik keberadaan dan manfaat sumber air Sendang Sanga,Taruhan Bola ternyata tersedia terhitung cerita mistis tentangnya. Suparjo mengatakan tersedia penunggu gaib di setiap lokasi sumber air berikut dengan bentuk berbeda-beda. Jika ingin menyaksikan makhluk itu kudu membawa tirakat yang benar-benar hingga beberapa pekan.

“Jika pengin menyaksikan seorang kudu keadaan bersih lahir dan batin. Kalau tidak dapat dimarahi. Dulu saya terhitung dulu mencoba. Namun saat ini sudah tua, sudah tidak mampu,”

Suparjo menambahkan, setiap malam 1 Muharam atau Sura banyak orang dari beraneka daerah, seperti Klaten, Karanganyar, dan Yogyakarta berkunjung ke Sendang Sanga. Rata-rata mereka yang berkunjung adalah pedagang.

“Malam 1 sura kemarin terhitung ada. Pukul 02.00 WIB sudah terhadap pulang. Rata-rata berkunjung pukul 11.30 WIB,” tutur dia.

Selain itu, terhadap zaman dulu setiap tersedia pemain Ledek atau Tayub yang akan melakukan pertunjukan dan melintas di jalur dekat sumber kudu berhenti. Mereka kudu bermain atau melakukan pertunjukan dulu di lebih kurang Sendang Sanga, kecuali tidak akan berakibat fatal.