Cerita Misteri Tempat Wisata Di Sendang Made Jombang

wildwoodjobs – Wisata Sendang Made sangat familiar dengan masyarakat Jombang Jawa Timur. Tempat wisata bersejarah ini diyakini sebagai pendiri kerajaan Keruripan, tempat istri dan tentara menjaga pertapa Brabu Airlangga.

Cerita Misteri Tempat Wisata Di Sendang Made Jombang

Sebab itu, sendang yang berlokasi di Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang ini kemudian menjadi lokasi wisuda para sinden. Di mana sebelum dinobatkan menjadi sinden, para perempuan itu harus menjalani kunkum dan mandi di lokasi sendang.

Secara misterius, area petirtaan Sendang Made menyimpan kekuatan gaib cukup kuat. Tim “Jombang Bukan Misteri”, salah satu program uri-uri (pelacakan) bersejarah KabarJombang.com, memiliki rasa sirep yang kental, yang secara alami muncul di daerah tersebut.

“Jika ingin mencoba merasakan aji sirep alami, monggo datang ke Sendang Made pada malam hari. Dimungkinkan siapa pun akan berusaha sekuat tenaha menahan rasa kantuk, ”kata penanggung jawab Tim Jombang Bukan Misteri.

Petirtaan Sendang Made merupakan tempat wisata yang berada di bawah naungan Balai Perlindungan Warisan Budaya (BPCB) Jawa Timur. Beberapa peninggalan sejarah yang ditemukan pada masa Raja Airlangga juga dilindungi oleh kantor BPCB di Trowalan, Kabupaten Mojokerto.

Mbah Supono, seorang penjaga situs Sendang Made, mengatakan bahwa setelah gagal perang dengan Kerajaan Kadiri (sekarang Kediri), tempat ini dulunya merupakan temapt singgah Raja.

“Dulu, ini adalah tempat dimana putra Raja Udhayana Bali menjadi kediaman dan tempat dihadapan raja. Dia mengatakan kepada tim KabarJombang.com Jombang:“ Dalam penyerangan Kerajaan Kadiri Dalam pertandingan, dia mengalami kegagalan dan turun beberapa gunung setelah gagal, diantaranya Gunung Klotok, Gunung Lawu dan singgah di Sendang Made. ”

Selama Mbah Supono terus berada di Sendang Made, Prabu Airlangga telah menikah dengan seorang putri dari Kerajaan Medhang. Itu juga ditemani oleh lima wanita cantik dan pasukan mereka.

“Saya lupa nama istrinya, Raja Airlangga, tapi masih ada keturunan dari Kerajaan Medhang. Saat itu, Raja Airlangaa sedang bersama istri dan beberapa wanita. Konon ada lima wanita yang sangat cantik. , “jelasnya.

“Kemudian, mungkin itulah yang menjadi alasan orang-orang, ada yang namanya wisuda sinden. Karena memamg ritual sinden itu banyak dilakukan orang-orang di sini,”

Ada tujuh sumber sendang yang dianggap memiliki fungsinya masing-masing, termasuk sumber inti dalam upacara wisuda Sinden.

“Ada tujuh sumber sendang di sini yang punya fungsi masing-masing, termasuk kalau mau jadi sinden juga harus minum air itu. Sumbernya yaitu sendang derajat, sendang kamulyan, sendang sumber payung, sendang condong, sendang pengilon, sendang pomben, dan sendang gede,” rinci Mbah Supono.

Selain aji sirep yang alami, Sendang Made tidak lepas dari kekuatan misterius yang sangat dahsyat. Menurut Mbah Supono, ada makhluk gaib berkaki tiga dan makhluk gaib lainnya.

“Kalau bicara gaib ya kekuatannya besar di sini dan banyak, macan kakinya hanya tiga, orang berjubah putih itu yang di pojokan pohon beringin sana, tempat ganti baju sinden dulu sering banyak yang melihatnya. Belum lagi yang sebelah sana, sering usil banyak anak-anak. Tapi tidak apa-apa, aman-aman saja selama kita tidak menganggu,” pungkas Mbah Supono merinci makhluk gaib yang ada di Sendang Made.